Catatan Kecil: Pembuatan Kompos

Search This Blog

Pembuatan Kompos


Pembuatan pupuk organik
Pembuatan pupuk organik tidak terlepas dari proses pengomposan yang diakibatkan oleh mikroba yang berperan sebagai pengurai atau dekomposisi berbagai limbah organik yang dijadikan bahan pembuat kompos. Penggunaan mikroba sebagai aktiVator untuk memperoleh kompos dengan kualitas yang baik tergantung kepada bahan bahan yang digunakan, cara pembuatannya, tempat pembuatannya serta lama pengomposan.
Salah satu aktivator atau dekomposer yang sering digunakan adalah Stardec atau Starbio. Aktivator Stardec berisi beberapa mikroba yang berperan dalam penguraian atau dekomposisi limbah organik hingga dapat menjadi kompos. Mikroba tersebut lignolitik, selulolitik, proteolitik, lipolitik, aminolitik dan mikroba fiksasi nitrogen non-simbiotik.
Bahan yang diperlukan dalam pembuatan 1 ton kompos:
- 1 ton bahan organik (jerami padi/pupuk kandang/limbah pertanian lain yang
 tersedia dilokasi)
- 2,5 kg stardec
- 100 kg serbuk gergaji (dapat diganti dengan dedak atau bahan halus lainnya)
- 100 kg abu dan 20 kg kalsit atau dolomit.
Cara pengolahan aplikasi pupuk mikroba stardec :
  1. Siapkan media pengolahan kompos pada tempat terlindung atau tidak kena matahari langsung, bisa dibawah atap pondok atau dibawah pohon dengan alas atau lantai dibuat agak tinggi untuk menghindari genangan air. Pengolahan kompos juga bisa menggunakan media berbentuk lobang dengan ukuran dalam 1 m, lebar 2 m s/d 3 m dan panjangnya tergantung lokasi dan kebutuhan. Sebaiknya dibuat bangunan khusus untuk pengolahan secara berkesinambungan.
  2. Campurkan bahan organik (pupuk kandang atau limbah pertanian lain) dengan serbuk gergaji, abu dan kalsit kemudian diaduk merata
  3. Buat lapisan setinggi 60 cm taburkan Stardec secara merata pada bahan dasar kompos, kemudian dilapisi lagi setinggi 60 cm dan taburkan Stardec kembali secara merata . Demikian seterusnya dialkukan sesuai dengan kapasitas bahan yang diproses.        Selanjutnya

0 komentar:

Posting Komentar